Rabu, 09 September 2015

Mencicipi Masakan Berbahan Daging Nan Menggiurkan



Setiap hari Raya Idul Adha tiba, banyak para ibu yang bingung untuk mengolah masakan berbahan daging kurban. mereka terkadang bosan dengan menu masakanan yang itu-itu saja. Tapi, sebenarnya, daging itu bisa diolah menjadi beragam masakan. Berikut sepuluh menu masakan olahan daging yang bisa anda coba, jika bosan dengan menu olahan daging yang itu-itu saja.

Pertama, Abon. Makanan ini adalah  olahan daging sapi yang dikeringkan dan berwujud serat-serat kasar namun halus dan lembut saat dimakan. Abon sapi ini bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Nasi putih hangat bisa menjadi teman yang pas untuk menyantap makanan  yang mempunyai cita rasa tinggi daging sapi ini. 
Kedua, Dendeng. Ini adalah  salah satu jenis makanan daging sapi yang tahan lama karena diawetkan. Dendeng sapi ini terbuat dari irisan tipis daging sapi yang telah kering dijemur. Saat ingin dimakan, kita bisa menggorengnya saat ingin makan untuk mendapatkan cita rasa yang enak dari olahan daging sapi ini.

Ketiga, Empal Sapi, yaitu  salah satu olahan daging sapi yang paling mudah dibuat.  Namun walaupun  mudah dibuat, empal ini memiliki banyak penggemar tersendiri. Empal dibuat dengan cara menggoreng segumpal daging sapi. Empal bisa disantap sebagai teman makan soto, selain rasanya yang kenyal dan gurih, empal terbukti memiliki protein yang sangat tinggi.

Keempat, Steak Sapi. Daging sapi yang dipanggang di atas hot plate ini memiliki cita rasa tersendiri. Jenis masakan dari daerah Amerika ini sekarang telah populer di Indonesia. Banyak kita jumpai rumah makan steak daging sapi ini. Bagian daging sapi yang dibuat steak ini biasanya bagian sirloin dan tenderloin. Cara menyantapnya pun ditemani dengan kentang goreng dan aneka lilihan sayuran serta saus khas steak yang membuat lidah bergetar. Tapi, memasak daging steak harus mempunyai keahlian tersendiri, karena semua bagian daging hingga dalam harus dipastikan matang namun tetap terasa jucy dan tidak terlalu kering.

Kelima, Tongseng. Selain gulai sapi yang sduah biasa, tongseng daging sapi juga menjadi menu santap yang paling banyak digemari. Perpaduan rasa manis, gurih, dan asin ini memiliki cita rasa tersendiri dari makanan berkuah manis ini.

Keenam, Rica-Rica Daging Kambing. Ciri khas rica-rica yang pedas begitu menggugah selera. Perpaduan rasa kenyal dari daging dan pedas dari bumbu rica-rica akan tambah enak ketika kita menyantap makanan ini selagi masih panas.

Ketujuh, Tumis Daging Kambing. Bukan hanya sayur sayuran saja yang bisa di tumis,  daging kambing pun bisa diolah menjadi masakan dengan nama tumis daging kambing. Daging biasanya dipotong kecil-kecil untuk ditumis bersama bumbu rempah, seperti bawang dan cabai.

Kedelapan, Krengsengan Daging Kambing. Menu masakan pilihan daging kambing lainnya adalah krengsengan daging kambing. Anda bisa menjadikan krengsengan daging kambing ini sebagai pilihan pelengkap menu masakan daging kambing.

Kesembilan, Gulai Iga Kambing. Iga kambing yang tipis-tipis tersebut cocok diolah menjadi masakan gulai kambing. Walaupun hanya berupa tulang-tulang tipis, namun di sanalah  letak kenikmatannya. Tulang-tulang iga yang tipis disertai sedikit daging ditambah kuah gulai yang  nikmat membuat makan kita menjadi lahap.
\
Kesepuluh, Nasi Goreng Kambing. Makan nasi goreng memang sudah biasa, namun makan nasi goreng kambing baru luar biasa. Memang ini merupakan nasi goreng namun dengan dicampuri daging kambing. Tentu saja rasanya juga nikmat, tidak hanya sensasi rasa nasi goreng tapi juga ditambah dengan rasa gurih dan kenyal dari daging kambing tersebut.
 Aneka menu masakan olahan daging ini bisa anda coba sendiri di rumah. Tentunya, tanpa mengurangi esensi  sakral dari hari Raya Idul Adha itu sendiri, menyajikan masakan enak di hari raya bisa menambah kehangatan di tengah keluarga. Selamat mencoba! (Fauziah)

Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar