Kamis, 10 September 2015

Makanan dari Olahan Susu Yang Menggoda Lidah



Selain memanfaatkan dagingnya, hewan ternak juga biasa diambil susunya. Karena itu, susu menjadi salah satu minuman yang digemari masyarakat, terutama bagi kalangan anak-anak. Susu hewan ternak yang biasa  diolah menjadi minuman biasanya bersalah dari hewan sapi, kerbau, bahkan kuda. Saat ini, sudah banyak pengolahan susu  tersebar di berbagai daerah di Nusantara dengan melakukan perkembangan terus-menerus, kini susu pun tidak hanya diolah menjadi minuman yang kaya kalsium, tapi juga makanan, mulai dari kerupuk sampai permen susu.

Jika anda berkesempatan jalan-jalan ke Kota Bandung, maka sempatkanlah untuk mencicipi beragam kuliner unik dari olahan susu yang sudah terkenal di kota kembang ini. Seperti yang dilakukan Lusi, perempuan asal Kota Bandung berhasil membuat inovasi beraneka ragam jenis makanan yang semuanya berbahan dasar susu sapi murni. Lusi sendiri telah tiga tahun menggeluti bisinis makanan kecil yang terbuat dari susu sapi. Pembuatan makanan dari susu sendiri berawal dari coba-coba untuk membuat resep menggunakan susu dan hanya dijual pada teman temanya saja. Namun seiring berkembangnya waktu, Lusi telah memiliki sepuluh orang pegawai. Bahkan tempat yang sekaligus toko penjualan makanan serba susu yang berada di jalan Seskoau Lembang tidak pernah sepi dari pembeli.

Saat ini, Lusi mampu membuat sepuluh jenis makanan ringan yang terbuat dari susu di antaranya pie susu, keripik susu, permen susu, dodol susu dan jenis makanan lainnya. Namun di antara semua produk yang dia buat, dodol dan permen susu merupakan jenis makanan yang paling banyak dicari pengunjung. Sedangkan harga yang dipatok pun terbilang terjangkau yakni mulai dari 7.500 hingga 27.500 rupiah.

Sementara itu, setelah berjalan 3 tahun, bisnis makanan serba susu ini pun telah mampu menghasilkan omset yang cukup menggiurkan hingga 10 Juta Rupiah setiap harinya. Toko milik Lusi berlokasi di daerah Lembang, Bandung yang menjual beragam makanan yang berbahan dasar susu sapi.
Contoh produk makanan dari olahan susu; Karamel susu, dodol susu, dan kerupuk susu
sumber foto: wikipedia.com

Lalu, bagaimana rasa dan bentuk makanan-makanan olahan susu ini? Berikut ulasannya untuk anda;

Tahu Susu
Tahu Susu Lembang sebenarnya adalah pusat wisata kuliner yang menjadikan tahu susu sebagai menu andalannya,karena di pusat wisata kuliner lembang ini juga,nyatanya terdapat banyak kios atau kedai yang menyajikan aneka olahan berbahan dasar tahu,seperti tahu mendoan dan juga makanan seperti lontong,kupat tahu,batagor serta minuman susu kedelai.

Khusus Tahu Susu Lembang memang unik dan bagi siapa pun yang menikmatinya akan merasakan sensasi rasa kuliner yang berbeda dari jenis tahu lainnya. Masih berbahan dasar kedelai,akan tetapi karena kawasan lembang juga sebagai tempat peternakan sapi perah,maka racikan bahan tahunya dicampur dengan susu sapi segar,yang otomatis rasa tahunya akan lebih gurih,nikmat dan sehat karena bebas dari juga dari bahan pengawet.

Kerupuk Susu
Kerupuk adalah salah satu jenis panganan yang paling diminati oleh masyarakatIndonesia. Kerupuk biasa dijadikan pendamping makanan maupun selingan, agar makanan terasa lebih nikmat dan secara langsung memengaruhi nafsu makan melalui bunyinya. Namun, dibalik daya tariknya tersebut ternyata kerupuk tidak menghasilkan zat gizi untuk kebaikan tubuh kita, alih-alih keburukan. Tetapi saat ini telah diproduksi kerupuk susu yang memiliki daya tarik yang tidak kalah menarik dari kerupuk biasa.

Kerupuk susu, dari namanya saja sudah tertebak bahwa bahan utama dari kerupuk ini tentu saja adalah susu. Kerupuk susu dibuat dari padatan susu yang dikeringkan dan ditambah sedikit bahan lain agar dapat menjadi bentuk kerupuk. Manfaat yang diberikan kerupuk ini memang tidak sebanding dengan susu yang asli. Namun, kerupuk susu dapat meminimalkan kekurangan zat – zat yang terdapat pada susu bagi sebagian orang yang tidak menyukai susu.

Kerupuk semacam ini banyak dijual di tempat-tempat di sekitar peternakan sapi seperti Bandung, Malang, dan  Boyolali, Jawa Tengah.  Kerupuk susu memiliki beberapa keutamaan, yaitu  aromanya lebih gurih, kandungan mineral dan proteinnya lebih tinggi, yakni kalsium dan fosfor yang jauh lebih tinggi, dan tanpa bahan pengawet-pun, ia bisa bertahan berbulan-bulan tanpa merusak nilai nutrisinya.

Tapi ada kekurangannya, yaitu  kerupuk tidak dapat dimakan bersama makanan lain seperti bakso dan mi ayam, tetapi dapat dijadikan selingan yang lebih menyehatkan daripada kerupuk biasa. Selain itu kekurangan dari kerupuk susu adalah harganya yang agak mahal dari jenis kerupuk lain, karena memang terbuat dari bahan hewani.

Dodol Susu
Salah satu makanan ringan khas Indonesia yang juga menjadi favorit adalah dodol. Dodol menjadi makanan favorit dikarenakan rasanya yang manis dan legit, apalagi disajikan dengan teh tawar hangat. Selain itu teksturnya yang kenyal membuat sensasi yang unik di lidah dan juga di rongga mulut, apalagi jika dikulum.

Dodol biasa terbuat dari campuran tepung ketan, tepung terigu, gula pasir, lemak (sebagai penambah rasa gurih dan pengawet alami), dan juga santan. Bagaimana jika santan kental digantikan dengan susu? Maka hasilnya adalah dodol luar biasa yang dapat diberi nama dodol susu.

Setiap daerah di Indonesia memiliki citarasa khas dan bentuk dari dodol. Sebagai contoh pada daerah Sumatra, bentuk dodol seperti bambu yang dipotong pada tiap ruasnya. Daerah Garut memiliki bentuk dodol yang lebih kecil yaitu bentuk silinder seperti spidol pendek. Sedangkan dodol di daerah Jakartaberbentuk sampan plastik, karena memang alat pembentuk  atau cetakan dodol Jakarta adalah sampan plastik yang biasa digunakan untuk tempat bumbu atau nasi berkat.

Dodol susu adalah pangan khas dari Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Di Bandung, diketahui dodol susu sudah dibuat sejak tahun 70-an. Di sana, gula ditambah dengan jumlah yang cukup banyak untuk mengawetkan dodol susu ini.

Sedangkan, di Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, produksi dodol susu di desa ini sudah dimulai semenjak 2010, pasca erupsi Gunung Merapi yang sempat juga menghancurkan perekonomian masyarakat di kawasan itu. Susu sengaja dipilih orang kampung sebagai bahan utama karena selain mudah diperoleh, serta berharap dodol susu bisa menjadi salah satu produk oleh-oleh khas Boyolali karena kabupaten itu memang telah dikenal dengan sebutan Kota Susu. Meskipun mereka mengakui, Kabupaten Boyolali bukanlah daerah yang kali pertama memproduksi dodol susu.


Permen Susu
Permen adalah sejenis makanan yang paling digemari di seluruh dunia. Karena rasanya manis, bentuknya kecil sehingga mudah dibawa kemana saja, berwarna – warni, berbentuk menarik, dan dapat menghilangkan rasa bosan maupun tertekan.

Konsumsi permen memang menyenangkan, namun jikalau tidak memberikan manfaat yang baik bagi tubuh sama saja dengan membuang – buang dana untuk sesuatu yang tidak ada. Karena itu, untuk mendapatkan manfaat yang baik dari permen, maka dibuatlah permen susu.

Permen susu ini dominan terbuat dari susu dan gula susu (laktosa). Secara otomatis permen susu ini memiliki kandungan yang hampir menyerupai dengan susu asli, bahkan memiliki lebih banyak kandungan gizi dibandingkan dengan susu asli itu sendiri. Karena permen susu dapat difortifikasi dengan zat – zat lain.

Dengan mengkonsumsi permen susu memang amat sangat baik dan sangat dianjurkan, apalagi bagi yang kekurangan kalsium, namun tidak menyukai susu. Tetapi konsumsi yang berlebihan juga  dapat menyebabkan karies gigi dan gigi berlubang. (Fauziah)

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar