Kamis, 03 September 2015

Tips Memasak Daging Agar Cepat Empuk



Seringkali, saat mengolah makanan berbahan daging kita dihadapkan pada cara memasaknya. Misalnya saat hari Raya Idul Adha, dimana sebagian besar keluarga di Indonesia menyajikan hidangan khas daging kurban (daging sapi dan kambing). Danging-daging itu ada yang diolah dengan dibakar, digulai, sampai dibuat sup. Tapi, seringkali ada kendala ketika memasak daging yang tidak matang sempurna, sehingga keras ata alot ketika dimakan. Lalu, apa tips untuk memasak daging agar cepat empuk?

Pertama, hindari terlalu lama mencuci dan merendam daging  dengan air. Karena hal tersebut akan membuat warna daging sapi akan berubah menjadi pucat dan hambar. Terlalu lama merendam daging sapi juga akan menjadikan daging sapi menjadi keras.

Kedua, jangan memotong daging  searah dengan serat daging. Namun potonglah daging tersebut berlawanan dengan arah serat daging sapi tersebut. Hal ini selain memudahkan proses pemotongan,  juga untuk menghindari bersatunya serat daging saat terkena air panas.

Ketiga, lumurkan pada permukaan daging  dengan parutan buah nanas secukupnya saat sebelum akan di masak.

Keempat, rebuslah daging mulai sejak air masih dingin. Jangan memasukkan daging saat air sudah panas, karena hal ini akan membuat pori-pori daging sapi akan langsung tertutup dan pori-pori daging bagian dalam tidak bisa menembus keluar.

Terakhir, rebus daging sapi sekitar 30 menit maka daging  tersebut sudah matang dan empuk. Selanjutnya angkat daging tersebut dari air rebusan dan setelah itu daging siap untuk diolah menjadi menu masakan sesuai selera.

Tips memasak daging agar empuk ini bisa dipraktikkan sebelum anda memasak makanan dari olahan daging. Dengan daging sapi yang empuk maka selain kita lebih cepat dalam memasak tentunya juga akan menghemat gas. Selain itu pula dengan daging sapi yang empuk maka kita akan mudah memakannya dan saat daging di erna di dalam usus maka juga akan mudah proses pencernaanya. Karena daging sapi atau kambing tergolong daging yang liat dan mempunyai tekstur serat yang keras, maka kalau kita salah dalam mengolah daging  tersebut maka kita akan kesulitan  untuk menikmati makanan berbahan daging itu. (Fauziah Muslimah)

Sumber:


1 komentar:

  1. Sangat membantu sekali artikelnya! Terima kasih sudah berbagi resep dan tipsnya.

    Oxone

    BalasHapus