Senin, 05 Mei 2014

Caleg Perempuan Gelar Aksi untuk Kuota 30 Persen

Puluhan calon legislator (caleg) perempuan dari daerah pemilihan Jakarta menggelar aksi damai di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta (30/3). Aksi yang dimeriahkan dengan senam sehat, fun walk, donor darah, dan deklarasi itu untuk membangun kesadaran pemilih agar memilih caleg perempuan untuk tercapainya kuota 30 persen di parlemen.

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Linda Amalia Sari mengatakan, acara ini puncak dari kegiatan yang dilakukan KPPPA bekerjasama dengan UNDP. Kerjasama ini untuk menjaga komitmen pemerintah agar caleg perempuan terpilih di parlemen. Sangat penting perempuan ikut andil di ranah politik dan parlemen.
“Dengan keterwakilan mereka, masalah-masalah  perempuan dan anak di negara ini bisa tersuarakan di lini pembangunan bangsa yang bisa membuat masyarakat sejahtera,” jelas Linda.
Add caption

Beberapa foto hasil liputan di aksi hari itu. 

Linda menambahkan, saat ini masyarakat belum paham, wilayah politik masih didominasi laki-laki. Sedangkan, partisipasi politik perempuan harus diberi akses. Kami ingin mendorong masyarakat untuk memilih caleg perempuan agar seimbang keterwakilan di parlemen. Mereka dapat membangun masyarakat yang berspektif perempuan.
“Saya berharap, setidaknya 18-20 persen anggota legislator perempuan terpilih dalam pemilu tahun ini. Mereka harus bisa mewujudkan solusi dalam pembangunan ini,” lanjutnya.
Aksi ini sendiri berlangsung untuk menyosialisasikan program Strengthening Women’s Participation and Representation in Governance (SWARGA) di Indonesia, dengan tema “Bakti Caleg Perempuan Bersama Rakyat”. Acara ini didukung oleh UNDP dan KPPPA, juga dihadiri berbagai komunitas perempuan. [Fauziah]

Beirta ini tayang di: Rumah Pemilu
juga ada: Jangan Ada Surat Suara Tertukar Jilid II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar